Sunday, October 27, 2013

Kalibrasi Printer Dot Matrik LQ 2180

Kalibrasi Printer Dot Matrik LQ 2180

Printer Epson LQ 2180 memiliki kemampuan yang sangat cocok buat perkantoran. Selain dapat menggunakan dua mode cetak, yaitu dari atas dan bawah. Printer ini juga jarang sekali mengalami kerusakan.
  • Berikut adalah beberapa masalah yang pernah saya hadapi dengan printer Epson LQ 2180 :
  1. Saat mencetak data, tiba-tiba muncul angka, huruf, atau simbol-simbol yang tidak sesuai dengan apa yang kita cetak. Dan tidak pernah berhenti mencetak seperti itu, walaupun sudah dimatikan berulang kali dan melepaskan kabel power printer, tetapi tetap tidak bisa berhenti. Biasanya ini disebabkan karena kabel LPTnya sudah tidak bagus. 
1. Matikan printer dan ganti kabel Printer tersebut dengan yang baru. Nyalakan printer dan coba cetak file
.
2. Jika masih error, pasang 1 lembar kertas. Matikan printer, tekan tombol LF kemudian nyalakan printer. (tombol LF jangan di lepas sebelum printer menyala). Kemudian printer akan mencetak secara otomatis, biarkan sampai selesai mencetak. Kalau sudah selesai, matikan printer dan nyalakan lagi. Kemudian dicoba dengan mencetak file.
.'. selamat mencoba .'. "Semoga berhasil"

2. Garis Vertikal tidak lurus.
Ini di sebabkan karena kalibrasi printer tidak sesuai, sehingga mengakibatkan hasil garis vertikal tidak lurus. Berikut beberapa cara yang mungkin perlu anda coba :
  • Matikan printer.
  • Pasang kertas minimal 5 Sheet.
  • Tekan tombol Pause dan nyalakan printer (jangan lepas tombol pause sebelum printer mulai mencetak secara otomatis).
  • Perhatikan step-step yang dicetak oleh printer.
  • Printer akan mencetak beberapa garis dengan judul Draft. Perhatikan garis-garis yang dicetak dan pilih yang terbaik dengan cara menekan tombol Pitch sesuai dengan hasil yang paling lurus. Kemudian tekan tombol Font dan printer akan mencetak beberapa garis-garis lagi dengan judul Draft Copy.
  • Perhatikan lagi garis yang dicetak dan pilih yang paling lurus dengan cara yang sama pada step sebelumnya. Jika sudah, tekan tombol Font lagi dan printer akan mencetak beberapa garis lagi dengan judul LQ.
  • Perhatikan garis-garis tersebut dan pilih yang paling lurus. Jika sudah, tekan tombol Font lagi. Matikan printer dan nyalakan lagi.
.*. Selamat mencoba, semoga berhasil .*.

Di atas adalah beberapa masalah yang pernah saya hadapi saat menggunakan Printer Epson LQ 2180. Semoga dapat membantu.
---------------------------------------------Semoga Bermanfaat-------------------------------------------

0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html