Sunday, June 19, 2016

Menghapus Service Windows

Menghapus Service Windows


Lho koq service dihapus? Ya memang harus dihapus karena tidak berguna lagi atau akan di-install service yang baru. Tapi apa sih service di windows itu? Windows services adalah sebuah eksekutable yang berlajan terus dan didesain agar tidak membutuhkan interferensi dari user. Windows services ini dapat dikonfigurasi ketika sistem operasi bekerja dan berjalan di background ketika sistem operasi Windows berkerja ataupun dapat diaktifkan ketika dibutuhkan. Mungkin dengan definisi agak susah dipahami, lebih baik praktek aja. kalo mau tau Windows Services itu apa klik START >> RUN lalu ketik services.msc. akan muncul windows seperti ini (catatan: sistem operasi yang saya gunakan adalah Windows 7 Ultimate x64 build 7100)

Inilah list dari Windows services. Kasus penghapusan salah satu Windows service ini karena saya akan meng-install web server (apache) di lapotop saya. Sebelumnya saya sudah mengisntallnya menggunakan XAMPP tapi sepertinya XAMPP tidak mendukung OS 64-bit. Lalu saya uninstall XAMPP seluruhnya namun ternyata service apache masih tertinggal, hal ini terdeteksi ketika saya mencoba menginstall apache-x64 (unofficial binaries) secara manual, dikatakan service apache telah ter-install. Dan sekarang saatnya menghapus service tesebut.
  1. Masuk ke Windows services dengan cara yang saya berikan di atas (services.msc di Run).
  2. Pilih service yang akan dihapus, lalu klik kanan dan klik Properties.
  3. Copy Service name dari window properties service yang muncul dan tutup kembali windows yang telah dibuka (services dan properties).
  4. Buka command prompt (bisa dengan cara Start >> Run ketik cmd).
  5. Lalu masukkan perintah sc delete [service_name_yang_di-copy]. Dalam kasus saya saya menghapus service apache dengan nama apache2.2, jadi saya tulis sc delete apache2.2.
  6. Dan jika berhasil maka akan muncul respon teks yang menuliskan “[SC] DeleteService SUCCESS”
Selsailah sudah menghapus service di Windows, untuk memastikannya silahkan cek service di services.msc
catatan: dari sumber, dikatakan cara ini juga berguna di Windows XP dan juha Windows Vista
Thaks to: Techie Buzz

0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html