Skip to content

Thursday, June 16, 2016

Mengenal fungsi strtotime pada PHP

Mengenal fungsi strtotime pada PHP


Fungsi strtotime pada php banyak berguna untuk konversi dari string ke format tanggal (date/datetime), kasus ini saya temui pada teman saya melakukan pengcodean yang rumit/njlimet hanya untuk mengkonversi sebuah tanggal. PHP telah memberikan solusi dengan menggunakan fungsi strtotime untuk memecahkan masalah tersebut, cara penerapannya juga mudah (jadi kalian tidak perlu membuat sebuah fungsi sendiri hanya untuk konversi tanggal).
Mungkin perlakuan khusus bila kalian akan membuat fungsi sendiri akan tetapi tetap memanfaatkan strtorime sebagai media konversi tanggal.
Contoh : kalian akan mengkonversi format tanggal dari database sebagai berikut "2013-10-02 09:36:10" menjadi format indonesia "02-10-2013 09:36:10" caranya cukup mudah
berikut contoh penggunaan strtotime dalam pengcodean
dari contoh diatas kalian dapat melihat kehandalan strtotime dalam memformat tanggal, mulai dari menambah/mengurangi hari, minggu, bulan dan tahun. sampai mengetahui awal dan akhir minggu pada bulan/tahun ini maupun bulan/tahun depan.
Intinya saya hanya mencontohkan penggunaan fungsi - fungsi pada PHP semaksimal mungkin sehingga kita tidak perlu membuat sesuatu hal yang sudah ada untuk dibuat lagi, hemat waktu, tenaga serta pikiran.

Semoga bermanfaat
sumber : http://www.iso.web.id/news/detail/254/mengenal-fungsi-strtotime-pada-php.html
http://bpmmohprogrammer.blogspot.co.id/2013/07/bootstrap-modal-view-edit-delete.html

0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html