Tuesday, January 21, 2014

net view

Perintah Command Prompt Untuk Melihat IP Address Komputer Teman Pada Jaringan LAN - Setiap Komputer yang kita punya pasti memiliki yang namanya IP Address atau alamat Ip, alamat ip ini berfungsi sebagai identitas yang membedakan komputer satu dengan yang lain sehingga komputer dapat di hubungkan dengan komputer lain dalam jaringan lan maupun wireless atau jaringan tanpa kabel. Dalam melihat IP Address komputer orang lain ternyata sangat mudah sekali dengan cmd /command prompt, bagi sahabat JURNAL INFOPEDIA semua yang ingin mencobanya dalam satu jaringan LAN. Terkadang diantara kita sulit untuk mengetahui IP Adress komputer yang terhubung dalam satu jaringan, contohnya saat kita ingin meremote komputer teman kita, namun kita tidak tahu IP address yang akan di remote, IP address Ini sangatlah penting untuk kita ketahui untuk menghubungkan komputer dengan komputer yang satu dalam jaringan lan.




IP Address merupakan sebuah alamat sebuah host yang terhubung dalam jaringan internet. bisa juga dalam jaringan Local Area Network (LAN). IP Address ada dua macam yaitu IP versi 4 (IPv4) dan IP versi 6 (IPv6). IP versi 4 (IPv4) yang terdiri dari 32-bit dan bisa menampung lebih dari 4.294.967.296 host di seluruh dunia, contoh nya yaitu 172.146.80.100, jika host di seluruh dunia melebihi angka 4.294.967.296 maka dibuatlah IPv6. IP versi 6 (IPv6) yang terdiri dari 128-bit, IP ini 4x dari IPv4, tetapi jumlah host yang bisa ditampung bukan 4x dari 4.294.967.296, melainkan 4.294.967.296 pangkat 4, nah itu cara mengetahui jenis-jenis Ip address yang telah JURNAL pelajari, dan mungkin tidak sabar tentang Cara Mengetahui IP Address Komputer Orang Lain Pada LAN. Berikut ini tutorialnya :


  • 1. Melalui menu Start, kemudian RUN lalu masuk ke CMD atau Commant Prompt, atau bisa dengan menggunakan sortcut key kombinasi tombol Win+R kemudian Ketik CMD, maka akan masuk Commant Prompt untuk mengetik perintah yang menggunakan perintah dengan keyboard.
  • 2. Setelah itu pada Menu Commant Prompt, ketikkan "net view" tanpa menggunakan tanda kutip, maka Dengan mengetikan net view pada layar comand prompt hitam, maka perintah tersebut akan menampilkan semua pc client yang terhubung dengan jaringan LAN. Dan sahabat bisa perhatikan computer name atau nama komputer/laptop yang terhubung dengan komputer anda dalam jaringan LAN.
  • 3. Langkah selanjutnya Setelah anda dapat satu IP address yang menampilkan computer name sesuai dengan keinginan kamu, dan anda dapat melakukan ping pada computer name tersebut. Kita ambil contoh : "ping JurnalPC" pada kotak command prompt (JurnalPC di sesuaikan dengan nama komputer yang akan di hubungkan atau di ping) maka Secara otomatis pinging ip address akan ditampilkan dengan notifikasi "reply from 192.168.0.2 : bytes.." yang menandakan bahwa JurnalPC mempunyai ip address 192.168.0.2.



Nah, bagaimana? Sangat mudah bukan, hanya dengan menggunakan perintah tersebut maka anda dapat melihat alamat IP komputer kamu, komputer teman dalam jaringan Lan. Dan perlu di ingat bahwa cara yang telah JURNAL share ini merupakan cara yang perlu di ingat di karenakan dalam penggunaannya Alamat Ip itu penting di ketahui, misalnya kamu ingin share printer, share data maka langkah pertama yang kamu lakukan melihat IP Address komputer kamu dan teman kamu tentunya dan melakukan ping IP Address. Nah, Dari Blog JURNAL INFOPEDIA melaporkan, atas perhatian di ucapkan terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html